Sabtu, 08 April 2017

Tips Memilih Karpet dan Mengenal Fungsi Karpet

108Unit Informasi - Karpet adalah serangkain tekstil kain yang dirajut atau dijahit, terdiri dari beberapa lapisan dengan alas bagian atas berbulu yang memiliki warna dan motif desain tertentu. Secara umum karpet berfungsi sebagai penutup lantai. Penggunaan karpet sendiri semakin hari semakin banyak yang meminati karena fungsinya yang tidak hanya sebagai alas lantai melainkan bisa digunakan sebagai pelengkap tampilan interior ruangan.

Fungsi Karpet
Ilustrasi
Harga jual karpet sendiri beragam tergantung dari jenis bahan si karpet. Ada karpet yang memiliki harga jual yang sangat mahal yaitu jenis karpet turki atau karpet permadani turki. Jenis karpet permadani turki ini ternyata dapat Anda jadikan sebagai bahan investasi Anda jika Anda bisa merawat karpet ini dengan baik.

Berbicara fungsi karpet selain sebagai alas karpet, karpet memiliki kegunaan lain yaitu sebagai penambah kesan keindah pada tampilan interior ruangan. Namun keindahan yang didapat ini tidak lepas dari bagimana kita memilih karpet yang sesuai dengan kondisi ruangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli karpet yang Anda inginkan.

Tips Memilih Karpet

Mempertimbangkan Ruangan

Sebelum membeli karpet perhatikan terlebih dahulu ruangan yang akan Anda pasangi karpet. Dalam pemilihan motif dan warna disetiap ruangan tentunya berbeda – beda, mulai dari ruang tidur, ruang tamu, sampai ruang keluarga. Jangan memilih warna karpet dengan warna gelap untuk ruang tidur kalau bisa pilihlah warna yang sedikit cerah agar kamar tidak terlalu gelap. 

Perhatikan ukuran ruangan juga, Anda bisa menyesuaikan ukuran karpet dengan ruangan yang akan dipasangi. Jangan membeli karpet dengan ukuran terlalu besar dari ruangan karena akan membuat tampilan ruangan seperti penuh dan sumpek jika ukuran ruangan Anda tidak terlalu besar.

Pemilihan Jenis Karpet

Untuk pemilihan jenis karpet sendiri, Anda dapat menemukan banyak di jual karpet dengan jenis dan kualitas yang berbeda – beda. Pemilihan jenis karpet dapat Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika Anda memiliki budget lebih yang cukup banyak, Anda bisa membeli karpet permadani turki karena karpet permadani bisa Anda jadikan sebuah investasi, unik bukan?

Memilih Motif Karpet

Pemilihan motif ternyata dapat mempengaruhi tampilan interior ruangan. Jika ruangan Anda memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sebaiknya pilih karpet dengan motif yang simpel saja dan memiliki warna yang cerah. Namun jika ruangan Anda cukup besar dan ruangan Anda tidak dipenuhi oleh banyak perabotan, Anda bisa memilih motif – motif yang sedikit ramai seperti motif – motif karpet permadani.

Mempertimbangkan Perawatan Karpet

Karpet juga butuh dirawat. Jika Anda menginginkan karpet yang Anda miliki tetap awet dan terlihat bagus, tentunya Anda harus melakukan perawatan pada karpet secara rutin dan benar. Anda bisa mencari berbagai informasi bagaimana cara merawat karpet.

Jika Anda malas untuk merawat dan membersihkan karpet secara rutin, amat sangat disayangkan apa lagi jika Anda membeli karpet dengan harga jual karpet yang cukup mahal. Lebih baik Anda membeli karpet yang tidak terlalu mahal agar budget Anda tidak terbuang sia – sia karena karpet yang Anda beli dengan harga mahal tetap akan cepat rusak dan tidak awet jika tidak dirawat.

0 komentar

View MoreTerhot