Sabtu, 31 Desember 2016

Perhatikan 3 Hal Agar Mendapatkan Peralatan Dapur Berkualitas dan Aman

108Unit Informasi - Bagi anda yang memiliki hobi memasak dan suka mengoleksi berbagai peralatan dapur, sebaiknya hati-hati karena saat ini banyak peralatan yang berpotensi mengandung zat kimia yang tentunya berbahaya bagi tubuh anda. Selain masalah dari bahan masakan yang tercampur, peralatan dapur juga bisa memicu beragam penyakit. Jadi anda harus sangat selektif dalam memilih peralatan agar makanan yang dimasak aman untuk kesehatan. Untuk mengetahui apakah peralatan tersebut aman atau tidak, sebelumnya anda harus tahu material atau bahan yang digunakan. Berikut ada 3 ciri yang wajib diperhatikan oleh anda agar mendapatkan peralatan dapur berkualitas dan pastinya aman.

Peralatan Dapur Berkualitas
Ilustrasi
Terdapat Fitur Anti Lengket
Ciri pertama yang harus diwaspadai saat peralatan dapur mempunyai kelebihan anti lengket yang memudahkan memasak makanan dan tidak menempel setelah masakan sudah matang. Tapi tunggu dulu, jika anti lengket tersebut berasal dari bahan yang kurang berkualitas maka ada kemungkinan membawa zat kimia karsinogen yang menjadi pemicu kanker. Sebaiknya pilih peralatan anti lengket yang berasal dari bahan enamel yang kualitasnya terbukti bagus karena dilapisi baja dan besi. Dengan bahan enamel, maka akan anti lengket dan tidak reaktif terhadap masakan.

Pilih Panci Masak Berbahan Stainless
Panci biasanya digunakan untuk memasak beragam olahan menu yang berkuah seperti sop, soto, atau sayur. Untuk peralatan panci, maka bahan aman yang harus digunakan adalah bahan stainless dengan kualitas bagus ditambah dengan sedikit bahan nikel dan krom. Sedangkan untuk panci yang berbahaya karena terdapat banyak kandungan nikel yang bisa larut ke masakan. Jadi ada baiknya membeli panci yang berkualitas dengan sedikit kandungan nikel.

Selalu Bersihkan Panci Baja
Hampir sama dengan stainless steel, panci berbahan baja juga sangat lambat dalam menghantarkan panas sehingga mudah berkarat serta bisa bereaksi kandungan asam pada masakan. Jika memang anda memiliki panci baja, sebaiknya harus membersihkannya secara rutin dengan sabun, lalu dibilas, dan dikeringkan. Setelah selesai dilakukan, maka panci baja milik anda siap untuk digunakan. Jangan lupa untuk melakukan proses tersebut berulang-ulang setelah anda menggunakan panci baja sebelum disimpan dalam lemari dapur.

0 komentar

View MoreTerhot