Rabu, 14 Desember 2016

Cara Memberikan Stimulasi Kepintaran Anak

108Unit Informasi - Di tiga tahun pertama di kehidupannya otak anak tentunya berkembang sangat cepat, periode ini disebut dengan periode emas. Bagian-bagian otak tentunya terdiri dari jutaan neuron dengan saling berhubungan satu dengan yang lainnya, Semakin banyak neuron yang terbentuk maka anak kamu akan semakin meningkat kepintaran. Dalam pembentukan neuronnya tentunya dapat dipicu leh faktor lingkungan sekitar seperti warna, suara, bau dan juga gerakan serta sentuhan-sentuhan. Diartikel kali ini akan diulas beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memberikan Stimulasi kepintaran anak dari kecil:

Stimulasi Kepintaran Anak
Ilustrasi
Kamu bisa mengajak anak kamu bermain
Kamu bisa mengajak anak kamu untuk bermain akan tetapi lebih baik anak kamu bermain dengan anak seusianya, karena selain bisa mengasah otak untuk membantu stimulisasi kepintaran anak juga bisa mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi. 

Kamu bisa memilih permainan yang sesuai dengan usianya. Misal untuk anak yang berusia 12-24 bulan dapat kamu gunakan mainan dengan beragam bentuk seperti balok, segitiga, bola dan juga bintang, atau mainan yang bisa berjalan sendiri seperti mobil-mobilan dan lain sebagainya.

Menonton Televisi 
Tentu saja televisi dapat memberikan efek positif dan juga negatif. Kamu bisa memberikan tontonan yang bersifat edukasi. Dan pilihlah beberapa acara tv yang menyediakan acara anak untuk memberikan Stimulasi kepintaran anak.  Ingat selalu temani anak kamu jika sedang menonton televisi dan usahakan untuk menghindari tontonan yang seringkali menunjukan kekerasan.

Jelajahi Alam
Kamu bisa mengajak anak kamu bermain di belakang rumah atau berlibur ke kebun binatang sambil belajar tentang binatang. Kamu bisa menunjukan dan menyebutkan nama-nama binatang dan juga seputar tanaman. Ajak juga anak kita untuk giat menanam tanaman serta memberi makan untuk binatang peliharaan secara bersama-sama.

Selalu tunjuakan kasih sayang
Kamu harus bisa selalu menunjukan rasa kasih sayang dan juga perhatian karena kedua hal tersebut seringkali membantu anak kita dalam mengingat, dapat befikir efisien serta dapat membentuk sikap dan prilaku yang baik, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam hal belajar.

Selalu perhatikan asupan nutrisi pada anak kamu
Asupan nutrisi tentunya sangat penting dalam mengembangkan otak anak. Disarankan untuk anak kamu dibiasakan sarapan setiap pagi setiap hari. Dan tidak disarankan untuk melewatkan sarapan karena itu cukup berbahaya untuk kesehatan anak kamu, serta dapat menurunkan konsentrasi, ada gangguan kognitif, dan dapat menurunkan antusiasme anak dalam bermain serta belajar. 

0 komentar

View MoreTerhot