Selasa, 22 November 2016

Penyebab Badan Pegal Pada Wanita Haid

108Unit Informasi - Setiap bulan bagi wanita normal dan sudah memasuki usia 9 sampai 12 tahun akan mengalami suatu masa yang dinamakan haid atau menstruasi, hal ini adalah hal yang wajar dialami semua wanita menjelang akil baligh adapun pengertian dari menstruasi itu sendiri adalah luruhnya sel telur karena tidak dibuahi oleh sel sperma,biasanya seorang wanita mengalami menstruasi selama 7 sampai 8 hari dengan jarak waktu antara satu siklus ke siklus selanjutnya adalah 28 hari. Hal ini dapat berbeda beda antara satu wanita dengan wanita lainnya tergantung kondisi wanita tersebut, ketika mengalami menstruasi seorang wanita cenderung akan merasakan hal yang berbeda dalam dirinya,menstruasi ini juga dapat menjadi penyebab badan pegal pada wanita.

Penyebab Badan Pegal Pada Wanita Haid
Ilustrasi
Menstruasi menjadi penyebab badan pegal pada wanita karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita, perubahan hormon ini berbeda beda antara satu wanita dengan wanita lainnya perubahan hormon ini biasa terjadi menjelang akan datangnya menstruasi. Selain pegal-pegal adapun akibat lain dari perubahan hormon tersebut adalah:
  1. Sakit kepala dan mudah merasa pusing.
  2. Nyeri pada bagian payudara jika disentuh.
  3. Perubahan nafsu makan,sebagian wanita akan kehilangan nafsu makannya namun sebagian wanita lain justru semakin bertambah nafsu makannya.
  4. Emosi tidak stabil,wanita yang memasuki siklus menstruasi emosinya tidak dapat ditebak,mereka akan mudah marah,tersinggung,sensitif bahkan lebih mudah menangis (cengeng).
  5. Perut terasa mual dan kembung.


Tingkat perubahan yang terasa antar satu wanita dengan wanita lain tidaklah sama,dipengaruhi oleh gen,pola hidup,pola makan dan kondisi kesehatan.jadi,untuk para wanita tidak perlu khawatir jika tanda-tanda yang kalian alami berbeda dengan teman anda.

Jika seorang wanita sudah mengalami menstruasi makan fungsi organ rahimnya sudah berkembang dan sudah dapat berkembang janin,jika seorang wanita tidak pandai menjaga diri saat sudah menstruasi terutama pergaulan dengan lawan jenis makan akan berakibat berbahaya yaitu kehamilan di luar nikah. Seorang wanita akan mulai berhenti menstruasi memasuki usia 40 tahun yang dinamakan masa menopause yaitu masa dimana rahim mengalami penurunan fungsi. Perubahan hormon yang menjadi penyebab badan pegal sangat mengganggu aktivitas seorang wanita karena tidak dapat menyelesaikan aktivitasnya secara maksimal,perasaan mudah letih akan bertambah parah dengan rasa nyeri pada tulang-tulang terutama pada bagian kaki yang akan sangat membatasi gerak seorang wanita, perasaan ini akan muncul rutin setiap bulan yaitu sebulan sekali.

Jika keluhan-keluhan tersebut terjadi dengan intensitas yang sering dan dengan rasa sakit yang luar biasa maka seorang wanita perlu memeriksakan dirinya kepada dokter yang ahli di bidangnya untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang tak diinginkan selain mencegah juga dapat mendeteksi secara dini jika dalam tubuh terdapat kelainan,menstruasi memang menjadi penyebab badan pegal namun jika pegal-pegal yang dirasakan intensitasnya sering dan lama sekali dihilangkan bahkan semakin parah maka hal ini akan sangat berbahaya,maka seorang wanita jika sedang menstruasi dan mengalami rasa pegal yang tidak wajar atau bahkan muncul tanda-tanda kebiruan pada bagian-bagian tertentu seperti siku,betis, pergelangan ataupun lengan bagian atas maka haruslah cepat memeriksakannya ke dokter.

Hindari penggunaan obat-obatan peredam nyeri menstruasi yang banyak dijual di toko apotik sebab penggunaan obat sepertu itu dikhawatirkan akan merusak rahim wanita,rahim akan mengalami kekeringan dan akibatnya ketika si wanita sudah menikah ia akan sulit mendapatkan anak. Hal ini harus sangat diperhatikan bagi para wanita sebelum mengkonsunsi obat.

0 komentar

View MoreTerhot